Kisah Buya HAMKA berkunjung ke Pesantren Suryalaya Abah Anom

hamka%2Bdan%2Babah%2Banom.JPG
HAMKA merupakan ringkasan dari nama lengkapnya Haji Abdul Malik bin Abdul Karim Amrullah. Lahir di desa Tanah Sirah, Sungai Batang, Maninjau, Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia, pada tanggal 16 Februari 1908, atau bertepatan dengan 13 Muharram 1326 H.

Siapa sangka mantan pemimpin Organisasi Islam Muhammadiyah – biasa disapa Buya Hamka – ternyata pengikut Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya. Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) pertama ini ditalqin oleh Pangersa Abah Anom, yaitu di sekitar awal tahun 1981. Menurut kesaksian H. Saleh Khan (ikhwan Singapura), ketika sedang berada di Suryalaya, bahwa Pangersa Abah menceritakan, ketika proses talqin hendak dilakukan, Buya Hamka dibawa masuk ke ruang keluarga dan ditutup pintunya. Hal ini dilakukan dalam rangka menghormati Buya Hamka sebagai ulama yang terhormat saat itu.

Sebab Buya Hamka masuk TQN, ketika sepulang dari Mekah dan datang ke Pondok Persantren Suryalaya (PPS) yang menurut penjelasannya karena mendapat petunjuk Baginda SAW. agar menjumpai seorang hamba Allah yang ikhlas. Ketika di Suryalaya, didapatinya seorang Mursyid yang sangat bersahaja: tidak berjubah, berserban, dan berjenggot, sebagaimana faham yang umum berkenaan dengan sunnah. Demikian juga para santrinya.

Maka Buya Hamka memohon izin untuk memperbaiki keadaan tersebut. Dikisahkan, selama 3 hari 3 malam, Buya Hamka asyik berceramah berbagai ilmu khasnya, yaitu tasauf, yang melingkupi sunnah dan adab. Berbagai hal yang dianggapnya tidak bersesuaian dengan sunnah disampaikan.

Sampailah masa perpisahan, dan ketika Buya Hamka hendak berpamitan pulang, Pangersa Abah memeluknya dan berkata: “Ucapan jutaan terima kasih atas banyak ilmu yang telah dicurahkan, tetapi Abah mohon agar Buya mau mengatakan kepada Abah, bagaimana mengamalkan semuanya itu. Abah sendiri juga tidak mampu, apatah lagi para santri. Mohon ditunjuki ya Buya“, demikian kurang lebih Pangersa Abah.

Ketika itu juga Buya Hamka tersadar, sehingga dia menangis terisak-isak dan berlutut di hadapan Pangersa Abah. Buya sadar, ilmu yang banyak tidaklah berguna bila tidak diamalkan. Kemudian Buya malah mintu ditunjukkan sebaik-baik amalan, sehingga akhirnya ditalqinkan kalimat yang tertinggi: La ilaha illa Allah.

Sebelum akhir hayat, Buya Hamka sempat berkunjung secara khusus kepada Pangersa Abah. Maka seminggu sebelum “masa” itu tiba, Pangersa telah memberikan pesan sebelum Buya pulang ke rumah, yaitu untuk menyelesaikan segara urusan wasiat kepada keluarga, dan kemudian agar memfokuskan pada tawajjuh dengan sepenuh hati, agar baik dan mulia di saat kembali kepada-Nya. Bahkan Pangersa Abah menyatakan, bahwa “masa” itu terjadi setelah sholat Jumat.

Selanjutnya boleh dibaca di sini :

http://cepcepicepotcipta.blogspot.com/2013/01/kisah-buya-hamka-berkunjung-ke.html?m=1

Moralnya : susuk badan pandangan luaran belum tentu boleh dijadikan ukuran. Ramai ulama tidak panjang janggut atau berserban namun nilai ilmu dan akhlaknya lebih hebat melebihi yang lain. Ulama Asia atau Timur Tengah tidak menolak Sunnah janggut jubah walau mereka tidak memelihara janggut dan jubah kerana nilai sebenar di sisi Allah ialah taqwa yang berada di dalam hati.

Bukan bermakna boleh membuka aurat tidak menutup rambut kerana hal ini jelas melanggar syariat yang tidak ada maaf baginya.

Fahaman seperti Islam Liberal ini yang bahaya kepada masyarakat yang banyak dibawa oleh NGO songsang seperti Sister in Islam.

Namun mereka ini dilihat telah rapat dengan pemimpin kita dan menjadi penulis buku Legacy of Honour berkaitan mantan PM seperti bekas pengasas Sister in Islam iaitu Zainah Anwar.

Lebih membimbangkan ia turut mendapat kata pengantar oleh YAB Perdana Menteri. Adakah penasihat PM tidak sedar fahaman Sister in Islam dan memberi sokongan kepada buku beliau?

Isteri Khairy Nori Abdullah juga dilaporkan telah berjaya dipengaruhi kumpulan ini selepas Marina Mahathir.

Kita perlu beri mesej kepada pemimpin tertinggi negara bahaya kumpulan ini

Leave a comment